tinggi badan

December 15, 2009 dindapinksa

Pertumbuhan tinggi badan manusia
kerangka-manusia Umumnya, pertambahan tinggi badan manusia dimulai sejak bayi sampai dengan usia dewasa (kurang lebih 20 tahun). Namun tentu saja ada beberapa perkecualian. Mereka yang mengalami kelainan kretinisme (kekerdilan) tidak bisa bertambah tinggi badannya sejak usia tertentu. Sehingga tubuhnya sangat pendek, seukuran anak usia Sekolah Dasar. Ada pula yang menderita kelainan gigantisme (raksasa). Orang yang menderita kelainan gigantisme ini akan terus bertambah tinggi meskipun telah berusia dewasa (lebih dari 20 tahun) oleh karena hormon pertumbuhannya tidak berhenti sebagaimana mestinya. Sehingga orang tersebut memiliki ukuran tubuh sangat besar bagaikan raksasa. Oleh karena itu bersyukurlah kita semua yang mendapatkan ukuran tubuh yang relatif normal. Tidak kerdil. Tidak pula raksasa.

Adapun, hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan antara lain genetik, asupan nutrisi atau gizi makanan, kualitas tidur, serta olahraga atau rutinitas tertentu.

Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Badan :

tinggi-badanGenetik (Keturunan)
Faktor ini cukup dominan dalam menentukan tinggi badan seseorang. Dan faktor ini sudah ada sejak lahir. Seorang anak yang memiliki ibu dan ayah yang berpostur tinggi biasanya nantinya akan tumbuh menjadi seorang dewasa yang berpostur tinggi pula. Begitupun sebaliknya. Jika ayah dan ibunya pendek, maka seringkali anaknya juga memiliki postur yang juga pendek. Anda dapat mengamati bahwa orang-orang Afrika meskipun tidak mendapatkan gizi makanan yang baik, namun memiliki postur yang tinggi. Hal itu dapat terjadi lebih dikarenakan faktor keturunan atau genetik ini. Secara umum, faktor genetik ibu lebih berpengaruh ketimbang faktor genetik dari ayah. Ini berarti bahwa Si A yang memiliki ibu tinggi dan ayah pendek akan berpeluang memiliki tubuh yang lebih tinggi ketimbang si B yang memiliki ayah tinggi dan ibu pendek. Namun tentu saja hal itu bukanlah suatu kepastian, namun hanya kecenderungan medis telah diamati.

tinggi-badanAsupan nutrisi
Gizi makanan sangat penting dalam membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang. Mengapa orang Eropa memiliki tubuh yang tinggi daripada orang Asia? Salah satu sebabnya adalah gizi makanan yang mereka konsumsi sehari-hari mereka jauh lebih baik daripada gizi makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang Asia. Pernahkah anda mengamati pertambahan tinggi badan seorang balita?. Biasanya mereka mengalami pertambahan tinggi badan yang pesat. Dan tahukah anda apa sebabnya? Oleh karena balita mendapatkan gizi yang sangat baik, terutama dari susu yang mereka minum. Susu adalah makanan yang memiliki gizi ”sempurna” bagi pertumbuhan tulang (tubuh). Susu mengandung semua zat yang dibutuhkan tulang untuk bertambah panjang. Protein, Kalsium, Magnesium, berbagai macam vitamin dan berbagai macam mineral ada dalam kandungan susu.

tinggi-badan Tidur Berkualitas
Tidur berkualitas sangat penting dalam memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan. Sebab hormon pertumbuhan bekerja ”penuh” sewaktu tidur. Semakin berkualitas tidur seseorang, maka hormon pertumbuhan semakin bekerja optimal. Dan itu artinya akan menghasilkan pertambahan tinggi badan secara optimal pula. Cobalah anda mengukur tinggi badan anda pada pagi hari tepat setelah bangun tidur. Mungkin anda akan kaget. Sebab meskipun telah dewasa (tidak lagi dalam masa pertumbuhan), namun tinggi badan anda bertambah sewaktu bangun tidur (biasanya 1-2 cm). Ini disebabkan oleh karena adanya pertambahan panjang tulang rawan pada punggung dan kaki. Namun pertambahan ini bersifat sementara saja. Pada sore hari tinggi badan anda akan kembali seperti semula oleh karena berbagai aktifitas yang anda lakukan dan oleh karena gaya gravitasi bumi. Oleh karena itu, dalam melaksanakan program peninggi badan alami ini, nantinya kualitas tidur anda harus ditingkatkan untuk meraih hasil yang optimal. Tidur yang sangat menunjang bagi pertumbuhan badan adalah tidur lelap (deep sleep) selama kurang lebih 7-8 jam tanpa terputus-putus, tanpa perasaan gelisah dan tanpa mimpi.

tinggi-badan Olahraga teratur
Pernahkah anda membandingkan tinggi badan seorang teman yang sering berolahraga renang atau basket dengan teman lainnya yang tidak pernah atau jarang berolahraga tersebut ? Jika ya, anda akan melihat perbedaan yang cukup mencolok bahwa mereka yang melakukan olahraga renang atau basket secara teratur biasanya memiliki tinggi badan diatas rata-rata. Ini disebabkan oleh karena olahraga sangat mempengaruhi tinggi badan seseorang. Olahraga teratur dapat memacu produksi hormon pertumbuhan oleh tubuh sehingga dapat menambah tinggi badan secara signifikan. Gerakan-gerakan dalam renang dan basket juga secara langsung merangsang tulang kaki dan punggung untuk bertambah panjang dan panjang.

Dengan demikian, dapat diprediksikan bahwa seseorang yang memiliki orang tua yang tinggi, dan mendapatkan asupan gizi yang baik selama masa pertumbuhan, serta mempunyai kebiasaan tidur yang baik dan berolahraga teratur cenderung memiliki tinggi badan diatas rata-rata.

Kelenjar Pituitari

Kelenjar pituitari adalah kelenjar yang bertugas mengeluarkan hormon pertumbuhan. Posisi kelenjar pituitari ini tampak pada gambar berikut :
kelenjar-pituitari-pengontrol-hormon-pertumbuhan Kelenjar pituitari terdiri dari 3 bagian, yaitu lobus anterior, pars intermedia dan lobus posterior. Lobus anterior dari kelenjar pituitari inilah yang memproduksi hormon pertumbuhan dan juga hormon-hormon lainnya. Hormon pertumbuhan ini adalah hormon yang mengatur pertumbuhan jaringan tulang keras dan tulang rawan. Dalam program peninggi badan alami, melalui metode khusus, kelenjar pituitari ini dapat ditingkatkan aktifitasnya sehingga dapat menghasilkan hormon pertumbuhan lebih banyak. Aktifitas kelenjar pituitari ini dapat ditingkatkan dengan 5 cara khusus. Untuk informasi selengkapnya, baca di ebook PPBA.

Aktifitas yang dapat mengoptimalkan tinggi badan

Jika anda masih berada pada masa pertumbuhan (kurang dari 20 tahun), maka rutinitas berikut ini dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan tinggi badan anda. Rutinitas berikut ini dapat merangsang kelenjar pituitari untuk untuk mengeluarkan hormon pertumbuhan lebih banyak sehingga tinggi badan dapat optimal. Semua rutinitas berikut dikategorikan sebagai Exercises Induced Growth Hormone (EIGH). Latihan Yang Merangsang Hormon Pertumbuhan.

tinggi-badan Stretching
Gerakan stretching ini adalah gerakan meregangkan badan. Sehingga tulang-tulang punggung tertarik memanjang. Jika gerakan ini dilakukan secara rutin dan intensif maka dapat membantu merangsang penambahan panjang tulang-tulang punggung. Cara melakukan stretching secara intensif dan benar, dapat anda lihat pada ebook PPBA.

tinggi-badan Hanging
Yaitu gerakan bergantung dengan kedua tangan. Gerakan ini sangat merangsang pemanjangan tulang-tulang punggung, terutama pada remaja yang masih berada pada masa pertumbuhan. Pada waktu bergantung dengan kedua tangan, tubuh anda tertarik oleh gravitasi kebawah dan tangan anda menahan beban tubuh sehingga terjadi tegangan pada punggung.

tinggi-badan Kicking
Yaitu gerakan menendangkan kaki. Gerakan ini merangsang pertumbuhan tulang kaki sehingga memanjang secara optimal. Pada masa pertumbuhan gerakan ini cukup efektif. Bahkan pada usia dewasa gerakan ini masih dapat menambah panjang kaki, meskipun tidak banyak. Lihat postur atlet takwondo. Mereka umumnya memiliki kaki yang relatif panjang. Ini disebabkan karena setiap hari dalam latihannya, selalu melakukan gerakan menendangkan kaki secara rutin dan intensif. Pada usia dewasa, dimana pertumbuhan telah terhenti, pertambahan panjang tulang kaki terbentuk dari tulang rawannya, bukan tulang kerasnya.

tinggi-badanBiking
Bersepeda. Gerakan dalam bersepeda dapat merangsang pertambahan panjang kaki anda asalkan dilakukan secara benar. Yaitu kaki menapak pedal secara rata, tidak jinjit. Punggung tegap, tidak membungkuk. Gerakan mengayuh dilakukan secara stabil dan konstan. Jika anda setiap hari bersepeda dalam jarak yang cukup jauh, maka hal itu dapat membantu merangsang pertambahan panjang kaki anda.

tinggi-badanSwimming
Berenang. Mengapa para perenang memiliki postur tinggi tegap? Oleh karena gerakan-gerakan dalam renang dapat merangsang pertumbuhan badan secara optimal. Pada waktu berenang, seluruh badan mengalami peregangan dari badan sampai ujung kaki. Disamping itu, gerakan renang hampir melibatkan semua otot-otot tubuh. Gerakan renang juga membutuhkan energi banyak. Dan gerakan renang menimbulkan banyak asam laktat. Semakin banyak energi dan asam laktat yang dikeluarkan tubuh maka tubuh semakin banyak mengeluarkan hormon pertumbuhan. Inilah sebabnya berenang sangat membantu mengoptimalkan tinggi badan pada masa pertumbuhan.

tinggi-badan Basket / Voli
Gerakan basket/voli sangat baik merangsang pertumbuhan badan. Oleh karena pada olahraga ini, tubuh sering melakukan loncatan-loncatan keatas. Loncatan ini melawan gravitasi. Loncatan ini menimbulkan peregangan pada seluruh tubuh. Sehingga merangsang pertumbuhan badan secara signifikan. Basket juga mengeluarkan banyak energi dan asam laktat, sehingga dapat memacu lebih banyak hormon pertumbuhan.

tinggi-badanSpecial exercises
Gerakan special exercises (senam khusus) juga efektif merangsang pertumbuhan badan. ebook PPBA memberikan panduan detil mengenai special exercises yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan badan anda. Anda yang berusia dewasa (diatas 20th) juga masih memiliki kesempatan untuk menambah tinggi badan dengan metode PPBA. Karena penambahan tinggi badan tidak hanya berasal dari pertambahan panjang tulang keras, tapi juga dapat diperoleh melalui pertambahan panjang tulang rawan.

Nutrisi Pertumbuhan Badan

Pertumbuhan tulang memerlukan berbagai macam nutrisi protein, vitamin dan mineral. Namun mineral utama bagi pertumbuhan tulang adalah ”kalsium”. Tanpa kalsium dalam jumlah yang cukup, tulang tidak akan memanjang secara optimal.Kalsium adalah mineral paling penting bagi tulang untuk tumbuh menjadi panjang, tebal dan kuat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa usia paruh baya yang selalu mengkonsumsi kalsium secara cukup jarang terkena penyakit osteoporosis dan punggung membungkuk. Selain penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang, kalsium juga berperan dalam mencegah kanker usus besar. Vitamin D juga penting bagi tubuh membantu untuk menyerap kalsium. Sumber vitamin D yang baik adalah susu, susu kedelai, margarin, ikan, hati dan kuning telur. Jika anda tidak dapat mengkonsumsi vitamin D dari makanan-makanan tersebut, anda dapat mendapatkan pasokan vitamin D melalui multivitamin. Namun tentu saja vitamin D alami jauh lebih baik.

Bagaimana memaksimalkan konsumsi kalsium melalui diet makanan ? Untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dapat dilakukan antara lain : Konsumsi makanan berkalsium yang mudah diserap tubuh. Yaitu susu, keju dan yogurt. Kurangi atau hindari mengkonsumsi kafein (kopi, teh atau cola) karena dapat membuang kalsium melalui urin. Kurangi konsumsi garam meja. Karena dapat membuang kalsium melalui urin. Perlu diketahui bahwa kebutuhan tubuh akan garam 90%nya terpenuhi oleh makanan (sayur,buah dll) bukan dari garam meja.

Tips Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Tentunya anda telah mengetahui benar bahwa kalsium adalah mineral penting bagi pertumbuhan tulang. Sebab mayoritas tulang terdiri dari unsur kalsium. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan pertumbuhan tinggi badan terhambat. Namun, mengkonsumsi kalsium dalam jumlah berlebih juga tidak baik bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kalsium cenderung meningkatkan resiko kanker prostat dan batu ginjal. Oleh karena itu bagaimana sebaiknya mengkonsumsi kalsium secara efktif untuk memaksimalkan tinggi badan tanpa mengabaikan faktor kesehatan?. Jawabnya adalah konsumsilah kalsium sesuai kebutuhan (untuk melihat jumlah kalsium yang diperlukan lihat link nutrisi pertumbuhan). Selain itu, cara mengkonsumsi kalsium juga harus tepat agar memaksimalkan penyerapannya oleh tubuh. Bagaimana cara memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh ?

1. Usahakan mengkonsumsi kalsium dari sumber alami, bukan sintetis. Karena sumber alami lebih sehat dan mudah diserap. Sumber alami antara lain dari susu, keju, ikan, dll.

2. Jangan mengkonsumsi kalsium dalam jumlah tinggi dalam sekali telan. Sebaiknya sedikit-sedikit (dipecah) dalam satu hari. Meminum setengah gelas susu sebanyak empat kali lebih baik daripada meminum dua gelas susu sekaligus. Karena lebih mudah diserap oleh tubuh. Ingat! Usus memiliki keterbatasan kemampuan dalam menyerap nutrisi yang masuk. Jika anda mengkonsumsi dua gelas susu sekaligus maka ada kecenderungan sebagian nutrisinya terbuang percuma oleh karena hanya sebagian saja yang mampu terserap usus. Apalagi jika anda sedang mengalami sakit perut, maka kemampuan penyerapan juga berkurang.

3. Hindari rokok dan alkohol. Karena dapat membuang persediaan kalsium dalam tubuh. Selain itu, hindari pula mengkonsumsi 3 jenis makanan lainnya yang dapat menghambat program peninggi badan yang akan anda ikuti.

Entry Filed under: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Pages

Categories

Calendar

December 2009
M T W T F S S
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: